Tak hanya menampilkan mobil ciptaan Enzo, tapi beberapa foto dan barang pribadi milik pendiri tim balap Scuderia Ferrari ini juga dipamerkan.

Ada tempat wisata baru di Italia, sebuah museum yang didedikasikan untuk Enzo Ferrari didirikan ditengah kota Modena. Sosok yang dikenal sebagai pendiri tim balap Scuderia Ferrari ini telah berjasa banyak semasa hidupnya dengan menciptakan mobil-mobil balap Ferrari.

Museum bernama Museo Casa Enzo Ferrari yang dibangun diatas lahan seluas 58.800 meter persegi ini menelan biaya hingga 23,7 juta USD atau sekitar Rp 213 miliar. Uniknya, bangunan museum ini didirikan tepat disebelah rumah tua dan pabrik kecil milik ayah dimana Enzo tumbuh. Bangunan tua yang menjadi bagian dari museum itupun harus direnovasi karena hampir runtuh termakan usia.

Didalam bangunan itu para pengunjung dihibur dengan mobil karya Enzo selama masa hidupnya. Tak hanya brand Ferrari tapi Alfa Romeo dan Maserati juga menghiasi museum ini. Berkat bantuan Piero Ferrari, anak Enzo, museum ini tidak hanya menampilkan mobil. Beberapa dokumen, foto serta barang pribadi milik Enzo seperti kacamata dan pulpen yang biasa Enzo gunakan turut dipajang.

Seperti dilansir LeftLaneNews, menurut Piero dirinya bekerja sama dengan pemerintah setempat untuk mendirikan museum ini selama lima tahun. “Museum ini memberikan kesempatan bagi siapa saja yang ingin mengetahui lebih banyak tentang ayahku (Enzo). Bangunan ini juga melengkapi museum Ferrari di Maranello,” ujarnya. Enzo yang bernama lengkap Enzo Anselmo Ferrari lahir di Modena, Italia pada 18 Februari 1898 dan wafat pada 14 Agustus 1988 diusia ke-90. (Mahmudi R)

Sumber