Mengusung nama besar Ferrari, tiap mobil yang dibuat oleh pabrikan asal Maranello ini selalu dibuat dalam jumlah terbatas. Tapi bila dibanding mobil-mobil Ferrari ini, mobil Ferrari lain bagai sebuah mobil biasa. Karena inilah deretan mobil Ferrari ultra-langka.

Secara tradisi, Ferrari memang selalu tidak banyak dalam memproduksi tiap tipe yang mereka keluarkan. Hal itu tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menjaga eksklusifitas merek ini di mata para penggila mobil dunia.

Dari berbagai model mobil sport yang dikeluarkan Ferrari ada beberapa model yang bisa dibilang sebagai mobil ultra-langka.

Mobil-mobil ini dikeluarkan Ferrari dalam beberapa tahun belakangan, bukan Ferrari klasik yang saat ini memang telah menjadi barang langka.

Mobil-mobil ini bisa dibilang merupakan mobil khusus yang dibuat Ferrari juga secara khusus dan hanya dibuat satu unit saja.

Mau tahu apa saja mobil Ferrari ultra-langka yang masih ‘berumur muda’? Berikut daftarnya dilansir carbuzz.

Ferrari SP Arya

Mobil ini adalah sebuah mobil eksklusif yang khusus dibuat seorang bernama Cheerag Arya yang dikatakan merupakan penggila merek ini.

Mobil ini merupakan hasil satu dari 12 desain mobil yang ditawarkan ke Arya. Saat ini, miniatur tanah liat telah selesai dikerjakan di markas Ferrari di Maranello dan Arya dikatakan senang dengan desainnya. Dengan begitu, kegiatan produksi mobil ini dipastikan akan segera dilakukan.

Diperkirakan pada tahun depan mobil ini sudah bisa dikirim ke garasi Arya.

Mobil tersebut mengambil dasar dari 599 GTO yang sudah merupakan salah satu mobil terlangka dan tercantik di dunia. Mesin 599 GTO berkonfigurasi V12 berkapasitas 6.000 cc yang mampu membuat mobil ini berakselerasi dari diam sampai 100 km/jam hanya dalam waktu 3,4 detik saja dengan kecepatan puncak mencapai 334,7 km/jam.

Sementara untuk kekuatannya, Ferrari 599 GTO yang dilengkapi dengan transmisi 6 percepatan ini mampu menyemburkan tenaga ganas hingga 661 bhp dengan torsi mencapai 347 ft-lb yang mampu dicapai pada 8.250 rpm.

Arya sendiri adalah seorang pimpinan dari sebuah perusahaan petrokimia. Usianya masih terbilang muda yakni baru 32 tahun.

Menurut rencana, Arya akan menempatkan mobil ini di Dubai. Ketika liburan tiba, dia katakan sangat mungkin untuk membawanya berjalan-jalan ke Eropa.

Ferrari 599 GTB Fiorano China Limited Edition

Mobil ini adalah mobil yang diracik oleh seniman China bernama Lu Hao. Tubuhnya yang tampak ‘retak-retak’ memang sengaja dibuat agar terlihat bagai sepotong porselin Ge kiln dari dinasti Song.

Dan karena ini adalah sebuah mobil limited edition, maka tidak heran bila hanya ada satu Ferrari 599 GTB Fiorano China Limited Edition saja di dunia.

Ferrari 599 GTB Fiorano sendiri merupakan salah satu mobil terkuat milik Ferrari dan merupakan pendahulu dari Ferrari F12 Berlinetta yang baru saja hadir di Indonesia.

Di jantungnya tersembunyi mesin V12 berkapasitas 6.0 liter yang dicomot dari mobil legendaris Enzo. Mesin tersebut mampu memproduksi tenaga hingga 620 hp di kitiran rpm 7.600 dengan torsi 446 lb-ft di 5.600 rpm.

Ferrari P540 Superfast Aperta

Sama seperti Ferrari SP Arya, Ferrari P540 Superfast Aperta juga merupakan hasil dari program Ferrari Special Project.

Ferrari P540 Superfast Aperta ini adalah mobil pesanan dari Edward Walson yang merupakan anak pelopor TV kabel.

Desainnya dibuat oleh rumah desain terkenal, Pininfarina yang merupakan inspirasi dari mobil ‘golden Ferrari’ yang ada di film ‘Toby Dammit’.

Ferrari SP12 EC

Mobil ini adalah mobil yang dibuat untuk salah satu dewa gitar dunia, Eric Clapton yang dinamai SP12 EC.

Jika melihat nama mobil, dirinci menjadi Special Project, ’12’ artinya mobil terinspirasi dari gaya mobil Ferrari 512BB, dan EC tentunya singkatan Eric Clapton. Ferrari 512BB merupakan salah satu mobil favorit Clapton. Saking senangnya dengan 512BB Clapton setidaknya memiliki 3 unit 512BB.

SP12 EC mengambil basis dari Ferrari 458 Italia. Mobil ini didesain oleh Centro Stile Ferrari berkolaborasi dengan rumah desain Pininfarina.

Clapton pun senang dengan mobil barunya itu. Dia mengikuti proyek pembuatan mobil dari awal sampai akhir. “Ini merupakan salah satu proyek yang paling membuat saya puas,” ujarnya.

Sebelumnya, mobil berbanderol sekitar Rp 44 miliar ini nongol di salah satu showroom Ferrari di London.

Ferrari 575 GTZ

Secara teknis Ferrari 575 GTZ ini sebenarnya sama dengan 575M Maranello tapi dengan balutan desain tubuh dari Zagato.

Karena itu, tampang Ferrari 575 GTZ ini sekilas pandang mirip dengan Zagato 250 GTZ. Hal itu bisa terlihat di garis desainnya, hingga grille dan fendernya.

Sebenarnya, mobil ini dibuat sebayak 6 unit oleh Ferrari tapi hanya 1 unit yang dijual Ferrari pada sebuah private party.

Mobil ini memiliki mesin V12 yang berkapasitas 5.7 liter. Mobil tersebut mampu menyemburkan tenaga hingga 508 hp di 7.250 rpm dengan torsi maksimum di angka 588,6 Nm di 5.250 rpm.

Dengan tenaga sebesar itu, kecepatan 325 km/jam pun dapat dicapai. Begitu pula dengan akselerasi dari diam sampai 100 km/jam dalam waktu 4,2 detik.

SUMBER